Posts filed under: ‘resep kue‘




Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur Kentang Keju

Bahan untuk resep kue lumpur kentang keju:
100 gr tepung terigu
500 gr kentang rebus
3 butir kuning telur
80 gr margarine cair
200 cc susu cair
50 gr keju parut
Garam dan merica secukupnya
Kalau mau bisa ditambahi bumbu penyedap rasa (spt Masako atau Royco)
Lebih oke lagi kalau ditambah dengan potongan daging asap atau sosis

Cara membuat kue lumpur kentang keju:

- Campurkan tepung terigu, kentang rebus, kuning telur, garam, merica, daging asap (kalau ada) dan susu.
- Aduk sampai rata, baru kemudian masukkan susu cair dan keju parut.
- Tuang adonan ke dalam cetakan, panggang hingga matang


Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Bahan resep kue lumpur:

125 gr margarin
250 ml air
125 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili
4 btr telur
175 ml santan kental
25 air daun suji pandan
2 tetes pewarna hijau (bila perlu)
1 btr kelapa muda, keruk dagingnya

Catatan:

Sebaiknya alasi cetakan kue lumpur dengan loyang agar kue tidak cepat gosong

Cara Membuat kue lumpur:

Masak margarin dan air sampai mendidih, kecilkan api, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk cepat hingga menggumpal dan tidak lengket di panci. Masukkan gula pasir, garam, dan vanili, aduk rata, angkat dan dinginkan.
Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan, aduk sampai rata.
Campur santan dan air daun suji, tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk sampai rata.
Panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil, olesi minyak. Setelah terdengar bunyi berdesis tuang adonan sampai 3/4 bagian lubang cetakan, tutup dan masak sampai setengah matang.
Buka tutupnya, beri kelapa muda, tutup lagi, masak sampai matang. Untuk 25 buah

Add a comment December 31, 2008

Aneka Resep Kue Cake Brownies

Resep Kue Lumpur Kentang Keju

Bahan untuk resep kue lumpur kentang keju:
100 gr tepung terigu
500 gr kentang rebus
3 butir kuning telur
80 gr margarine cair
200 cc susu cair
50 gr keju parut
Garam dan merica secukupnya
Kalau mau bisa ditambahi bumbu penyedap rasa (spt Masako atau Royco)
Lebih oke lagi kalau ditambah dengan potongan daging asap atau sosis

Cara membuat kue lumpur kentang keju:

- Campurkan tepung terigu, kentang rebus, kuning telur, garam, merica, daging asap (kalau ada) dan susu.
- Aduk sampai rata, baru kemudian masukkan susu cair dan keju parut.
- Tuang adonan ke dalam cetakan, panggang hingga matang


Resep Kue Lumpur

Resep Kue Lumpur

Bahan resep kue lumpur:

125 gr margarin
250 ml air
125 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili
4 btr telur
175 ml santan kental
25 air daun suji pandan
2 tetes pewarna hijau (bila perlu)
1 btr kelapa muda, keruk dagingnya

Catatan:

Sebaiknya alasi cetakan kue lumpur dengan loyang agar kue tidak cepat gosong

Cara Membuat kue lumpur:

Masak margarin dan air sampai mendidih, kecilkan api, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk cepat hingga menggumpal dan tidak lengket di panci. Masukkan gula pasir, garam, dan vanili, aduk rata, angkat dan dinginkan.
Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan, aduk sampai rata.
Campur santan dan air daun suji, tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk sampai rata.
Panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil, olesi minyak. Setelah terdengar bunyi berdesis tuang adonan sampai 3/4 bagian lubang cetakan, tutup dan masak sampai setengah matang.
Buka tutupnya, beri kelapa muda, tutup lagi, masak sampai matang. Untuk 25 buah


Resep Bolu Gulung Kukus

Paduan coklat dan vanili membuat Bolu Gulung Kukus ini memberikan aroma rasa tersendiri. Enak dinikmati keluarga usai minum segelas air putih di saat buka puasa. Coba saja…!

Bahan:
• 4 butir Telur
• 100 gram Gula pasir
• 5 gram Coklat pasta
• 5 gram Cake emulsifier
• 90 gram Terigu Roda Biru
• 20 gram Tepung maizena
• 2 gram Vanili
• 100 gram Margarin cair

Bahan Hiasan:
• 75 gram Cherry merah
• 100 gram Butter cream

Bahan Hiasan:
• 200 gram Chocolate compound
• 75 gram Margarin

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula pasir, coklat pasta, dan cake emulsifier sampai mengembang dan kaku.
2. Ayak terigu, maizena, dan vanili; masukkan ke adonan di atas. Aduk rata.
3. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
4. Tuang adonan ke loyang 24×24 cm (jadi 2 loyang) yang telah dioles dengan shortening putih dan dialasi dengan kertas roti.
5. Kukus di langseng (yang airnya sudah mendidih) selama ± 20 menit.
6. Angkat, keluarkan dari cetakan, lalu poles dengan vla dan gulung.

Bahan Vla:
• 200 gram Santan cair
• 20 gram Maizena
• 80 gram Gula pasir
• 2 gram Garam
• 1 butir Telur
• 2 gram Vanili

Cara Membuat Vla:
Campur semua bahan lalu masak sambil terus diaduk sampai kental (meletup-letup).

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Panada


Dinikmati hangat lebih nikmat. Ditambah nilai gizi dari ikan tongkol yang rasanya cukup gurih. Emmmm…

Bahan Kulit:
• 8 gram Ragi instan
• 100 ml Santan hangat
• 150 gram Terigu Gunung Bromo

Cara Membuat:
1. Campur ragi, santan hangat, dan tepung terigu Gunung Bromo. Aduk hingga rata.

• 500 gram Terigu Kereta Kencana
• 100 gram Gula pasir
• 5 gram Garam
• 2 butir Telur, kocok sebentar
• ½ sdm Penyedap rasa
• 225 ml Santan kental
• 2 liter Minyak untuk menggoreng

2. Campurkan tepung terigu Kereta Kencana, gula, garam, dan telur, serta penyedap rasa. Masukkan adonan nomor 1. Uleni sambil dituangi santan sedikit-sedikit sampai adonan tidak melekat pada tangan dan kalis.
3. Adonan dibentuk bulatan besar, letakkan dalam mangkok, tutup dengan serbet lembab atau sepotong plastik.
4. Biarkan 30 menit sampai naik. Bagi menjadi 14-15 bulatan.

Bahan Isi:
• 500 gram Daging ikan tongkol
• 1 sdm Air jeruk nipis
• 50 ml Santan dari 1 butir kelapa
• 2 lbr Daun pandan, iris halus
• 6 lbr Daun jeruk purut, buang tengahnya, iris halus
• 50 gram Daun kemangi, iris kasar
• 2 lbr Daun sereh, iris tipis
• 2 buah Tomat, cincang
• 3 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
• 8 buah Cabai merah
• 5 buah Kemiri, goreng
• 1 sdt Jahe cincang
• 10 buah Bawang merah
• 8 buah Bawang putih
• 1 sdt Garam
• 1 sdm Gula

Cara Membuat:
1. Lumuri daging ikan dengan air jeruk nipis atau air asam. Biarkan ± 0 menit.
2. Panggang atau kukus sampai matang. Ambil dagingnya.
3. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan irisan daun dan tomat. Sesudah layu, masukkan santan dan daging ikan. Masak sampai seluruhnya matang dan kering. Angkat dan dinginkan.

Penyelesaian:
1. Ambil satu bagian adonan kulit, tipiskan ± ½ cm, beri 1 sdm adonan isi, lipat dua menjadi setengah lingkaran; cubit dan lipat pinggirnya, letakkan di tempat yang sudah diolesi minyak. Biarkan ± 10 menit.
2. Goreng dengan minyak banyak yang sedang panasnya sampai kecoklatan; tiriskan dan hidangkan.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Aneka Resep Donat

Resep Donat Telo

Ingin mencoba resep ini? Bahannya mudah didapatkan, resepnya gampang dipraktekkan, hasilnya bisa dinikmati satu keluarga. Rasanya manis dan empuk…!

Bahan:
• 300 gram Ketela (telo) yang sudah direbus dan dihaluskan
• 700 gram Terigu Roda Biru
• 20 gram Susu bubuk
• 25 gram Tepung maizena
• 50 gram Gula
• 2 gram Vanila essence
• 1 gram Telur
• 8 gram Ragi instan
• 400 gram Air
• 25 gram Shortening putih
• 10 gram Garam

Bahan:
• 200 gram Gula halus

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering di dalam mangkuk mixer. Kecuali garam dan shortening putih.
2. Masukkan telur dan air ke dalam bahan kering, aduk dengan kecepatan rendah hingga adonan menggumpal. Masukkan shortening putih dan garam, aduk lagi dengan kecepatan sedang hingga kalis.
3. Istirahatkan adonan selama ± 15 menit. Timbang adonan dengan berat 40 gram, bulat-bulatkan dan letakan di loyang yang sudah diberi tepung terigu. Istirahatkan kembali ± 10 menit.
4. Setelah 10 menit, lubangi tengahnya dengan menggunakan kedua jari telunjuk dan putar-putar sehingga lubangnya melebar. Letakkan kembali adonan di loyang tadi; biarkan agar sedikit mengembang.
5. Siapkan penggorengan dengan minyak yang banyak dan menggunakan api sedang.
6. Goreng donat hingga matang atau warna kecoklatan.
7. Biarkan donat dingin. Setelah donat dingin, taburi permukaannya dengan gula halus atau gulung-gulungkan donat di gula halus.

Hasil jadi: 35 pcs

Resep Donat kentang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat

tips sukses membuat donat kentang :

1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.

2. Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.

3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan

4. Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn…waaa.., raginya langsung mati deh.

5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.

6. Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.

7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.

8. goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.

Resep Donat kentang v.2

Donat Kentang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:
- dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus dan kuning telur, uleni hingga rata dan setengah kalis.
- Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
- Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
- Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
- Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

dari 2 resep donat diatas,, menurut gw yg paling enak resep donat kentang yg ini

Donat ala J-Co

Bahan A :
850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10
menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna
kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Note : – Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus
dikurangi sebanyak 75 s.d 100 ml

gw bikinnya pake tepung komachi.. empukk.. ga tau kalo pake cakra sama apa engga rasanya :P

tuz gorengnya lebih bagus pake minyak padat (gw pake frybest) karna hasil gorengan donatnya gak berminyak dibanding pake minyak goreng biasa
mnurut gw,, rasa donat ini yaa jco wannabe kali yak heheh.. tekstur nya ‘kopong’ gituh tapi tetep enak kok

Resep Donat – Cheese Ball Donut

Bahan donat :
250gr terigu protein tinggi
100gr kentang kukus, haluskan
25gr gula pasir
3gr ragi instan
½ sdt baking powder
10gr susu bubuk
1 kuning telur
125ml air es
25gr margarin
½ sdt garam

Bahan topping:
300gr wcc, lelehkan
600gr keju parut

Cara :
donat : campur terigu, kentang, gula pasir, ragi instan, baking powder dan susu bubuk, aduk rata
tambahkan kuning telur. Uleni rata. Tuang air es sedikit2 sambil di uleni sampai kalis
masukan margain dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit
kempiskan adonan. Timbang masing2 10gr. Bulatkan, diamkan 10menit
kempiskan adonan. Bulatkan lagi. Letakkan diloyang yg ditabur sedikit tepung. Diamkan 60menit sampai mengembang
goreng dalam minyak padat yg sudah dipanaskan dg api sedang sampai matang. Dinginkan
celup donat ke dalam wcc leleh, gulingkan di keju parut
yang ini donat dicelup ke dalam mcc leleh,, tuz kasi keju parut..sama enaknya

Resep Donat Singkong

Bahan resep:
400 gram singkong, bersihkan, potong-potong, kukus dan haluskan.
400 gram tepung terigu protein tinggi.
100 gram gula halus.
10 gram baking powder.
11 gram ragi instan.
1,5 sendok garam halus.
50 gram susu bubuk.
2 butir telur ayam.
150 ml air.
100 gram margarin.
Minyak secukupnya, untuk menggoreng.
Gula bubuk secukupnya, untuk lapisan resep.

Cara Membuat Resep:
1. Masukkan resep singkong, tepung, terigu, gula halus, baking powder, ragi instan, garam dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Tambahkan margarin, uleni sampai kalis. Bundarkan adonan, sisihkan selama 60 menit dalam temperatur ruang.
4. Kempiskan adonan, kemudian potong dan timbang adonan masing-masing seberat 25 gram.
5. Goreng adonan sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Panas-panas, gulingkan donat ke dalam gula bubuk.
Resep donat singkong siap dihidangkan.
Resep ini untuk 45 buah.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Pastel Daging Sapi (Jalan Kote)

Mak nyus, rasanya enak sekali. Tidak salah jika pastel daging sapi ini disukai banyak orang. Silakan coba sendiri resepnya, biar tahu rasanya, emmm…

Bahan Kulit:
• 250 gram Terigu Semar
• 3 gram Garam 125
• ml Air hangat
• 60 ml Minyak, hangatkan

Cara Membuat:
1. Aduk semua bahan dengan mixer pada kecepatan sedang hingga adonan kalis.
2. Istirahatkan selama ± 10 menit.

Bahan Filling:
• 100 gram Wortel, potong dadu
• 150 gram Kentang, potong dadu
• 25 ml Minyak goreng
• 1 siung Bawang putih, haluskan
• 200 gram Daging sapi giling
• 5 gram Merica
• 4 gram Garam
• 100 gram Tauge
• 2 gram Seledri

Cara Membuat:
1. Siapkan air di dalam panci dengan api sedang, masukkan wortel dan rebus hingga air mendidih. Kemudian masukkan kentang dan rebus kembali hingga mendidih kembali. Angkat dan tiriskan.
2. Siapkan wajan dengan api sedang, tuang minyak goreng untuk menumis. Masukkan bawang putih dan aduk-aduk hingga wangi, masukkan daging, masak hingga berubah warna. Masukkan juga wortel dan kentang. Aduk hingga rata.
3. Beri bumbu-bumbu.
4. Terakhir masukkan tauge dan seledri.
5. Sisihkan.

Bahan Sambal:
• 3 buah Cabe merah
• 5 buah Cabe rawit
• 1 siung Bawang putih
• 55 ml Air
• 10 ml Cuka
• 1 gram Garam
• 15 gram Gula

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan, kemudian blender hingga halus.
2. Siapkan wajan kecil di atas api sedang. Tuang semua bahan ke dalam wajan. Masak hingga wangi dan mendidih.
3. Sisihkan.

Penyelesaian:
1. Tipiskan adonan pastel yang sudah diistirahatkan, dengan dialasi plastik dan diolesi minyak goreng terlebih dahulu.
2. Setelah tipis sesuai yang dikehendaki, potong dengan menggunakan ring cutter.
3. Isi masing-masing adonan dengan bahan isian yang sudah didinginkan. Lipat adonan sehingga berbentuk setengah lingkaran. Tekan dan lipat pinggirnya sehingga berbentuk tali (lihat praktek). Lakukan hal yang sama pada semua adonan yang tersisa.
4. Goreng pastel dengan api sedang hingga berwarna keemasan. Angkat dan dinginkan.
5. Sajikan selagi hangat.

Hasil jadi: ± 27 buah

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Martabak Mie


Meskipun bahannya dari mie, tapi dengan dikreasi jadi martabak, rasanya jelas beda. Lebih enaklah…! Coba resep ini, caranya gampang, bahannya juga mudah didapat.

Bahan:
• Kulit lumpia 1 bungkus
• Mie instant rasa soto 2 bungkus
• Daging sapi giling 100 gram
• Telor 3 butir
• Bawang bombay 1 buah
• Bawang putih 2 buah
• Daun bawang 2 biji
• Penyedap masakan 1 bungkus
• Gula secukupnya
• Merica secukupnya
• Garam secukupnya
• Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:
1. Rebus mie sampai matang, angkat lalu tiriskan
2. Telor dikocok lalu masukkan potongan bawang Bombay, daun bawang & daging cincang
3. Masukkan juga mie yang sudah direbus, beri bumbu (bawang putih, gula, garam, merica, penyedap)
4. Aduk hingga tercampur rata
5. Siapkan kulit lumpia beri adonan mie & daging terus lipat
6. Siapkan frying pan (Teflon) yang datar, beri sedikit minyak, masukkan lumpia
7. Goreng, Masak & bolak balik hingga matang
8. Angkat & sajikan dengan sauce sambal botol, serta acar.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Bolu Kering Marmer

Jangan dibayangkan bolu ini keras seperti marmer. Bolu kering ini tetap empuk, hanya motifnya yang dibentuk menyerupai marmer, supaya lebih menarik perhatian.

Bahan:
• 12 gram Telur
• 300 gram Gula pasir
• 5 ml Vanili essence
• 6 gram Baking powder
• 300 gram Terigu Gunung Bromo
• 3 gram Garam
• 8 gram Coklat pasta

Cara Membuat:
1. Aduk telur dan gula pasir hingga kaku dengan menggunakan mixer.
2. Di tempat lain, campur dan ayak bahan-bahan kering hingga rata. Masukkan bahan-bahan kering ke adonan telur secara bertahap dengan sesekali diaduk dengan spatula kayu. Aduk hingga rata.
3. Ambil ± 200 gram adonan, beri coklat pasta; aduk rata dengan menggunakan sendok.
4. Siapkan 4 loyang ukuran 30 cm x 10 cm x 7 cm yang sudah diolesi dengan shortening putih dan diberi kertas roti. Setelah itu olesi lagi kertas roti dengan shortening putih.
5. Bagi rata adonan putih ke masing-masing loyang, kemudian bagi juga adonan yang sudah diberi coklat pasta ke atas adonan putih. Bentuk motif seperti marmer dengan menggunakan ujung garpu (lihat praktek).
6. Bakar di oven pada suhu 180°C selama ± 30 menit (sampai benar-benar matang).
7. Setelah matang, keluarkan bolu dari cetakan, biakan hingga dingin. Potong-potong memanjang.
8. Letakkan hasil potongan di loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti, bakar lagi hingga bolu benar-benar kering dengan suhu oven 150°C.

Hasil jadi ± 480gram

Resep dan Foto: BBC – Bogasari Baking Center

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Mini Pastel Abon

Bagi yang suka ngemil, Mini Pastel Abon ini bisa dijadikan alternatif pilihan sebagai camilan. Rasanya gurih, karena isinya abon sapi. Coba saja!

Bahan:
• 100 gram Telur
• 200 gram Air
• 1,5 gram Garam
• 450 gram Terigu Gunung Bromo
• 200 gram Tepung tapioka
• 7 gram Baking powder
• 3 gram Baking soda
• 100 gram Icing sugar

Bahan:
• 300 gram Abon sapi
• 500 gram Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Aduk telur, air, dan garam hingga rata. Masukkan icing sugar, aduk kembali.
2. Di tempat lain, campur bahan kering hingga rata, kemudian masukkan ke dalam adonan pertama, uleni hingga rata. Istirahatkan ± 10 menit.
3. Tipiskan adonan dengan menggunakan penggiling mie, hingga ketebalan ukuran 9.
4. Potong-potong dengan menggunakan pemotong berbentuk lingkaran.
5. Isi dengan abon, olesi pinggirannya dengan air atau putih telur, kemudian lipat pinggiranya.
6. Goreng pastel dengan minyak sedang. Goreng hingga matang dan berwarna keemasan.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Macaroni Panggang

Uenak tenan. Apalagi kalau dinikmati saat masih hangat. Dari aromanya saja sudah menggiurkan, rasanya… emmm… Silakan dicoba sendiri.

Bahan:
• Macaroni (rebus ¾ matang) 100 gr
• Susu 250 ml
• Jagung Cream Kaleng 1 kaleng
• Telur (kuningnya saja) 1 butir
• Keju kraft 20 gr
• Keju parmesan (keju bubuk) 10 gr
• Jamur (potong tipis) 5 biji
• Daging asap (potong kotak-kotak) 2 lembar
• Pala secukupnya

Cara Membuat:
1. Campurkan macaroni, jagung cream, kuning telor, jamur, keju kraft, keju parmesan dan daging asap lalu aduk-aduk hingga rata.
2. Olesi loyang dengan mentega, lalu masukkan campuran macaroninya ke dalam oven terus panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 8-10 menit hingga coklat keemasan.
3. Buatkan saus dengan campuran susu, kuning telor, keju kraft, dimasak dengan api sedang hingga mengental.
4. Potong macaroni sesuai bentuk yang diinginkan dan siram dengan saus keju.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Bolu Kering Mocca

Anda yang menyukai rasa mocca. Bolu Kering Mocca ini bisa jadi pilihan untuk camilan.

Bahan:
• 12 gram Telur
• 300 gram Gula pasir
• 5 ml Vanili essence
• 300 gram Terigu Semar
• 6 gram Baking powder
• 20 gram Bumbu spekuk
• 3 gram Garam
• 150 gram Margarin, cairkan
• 300 gram Coklat muisjes
• 16 gram Mocca pasta.

Cara Membuat:
1. Aduk telur dan gula pasir hingga kaku dengan menggunakan mixer.
2. Di tempat lain, campur dan ayak bahan-bahan kering hingga rata. Masukkan bahan-bahan kering ke adonan telur secara bertahap dengan sesekali diaduk dengan menggunakan spatula kayu. Masukkan juga coklat muisjes. Aduk hingga rata.
3. Masukkan margarin yang sudah dicairkan, aduk lagi hingga rata.
4. Siapkan 4 loyang ukuran 30 cm x 10 cm x 7 cm yang sudah diolesi dengan shortening putih dan diberi kertas roti. Setelah itu olesi lagi kertas roti dengan shortening putih.
5. Bagi rata adonan ke masing-masing loyang.
6. Bakar di oven pada suhu 180°C selama ± 30 menit (sampai benar-benar matang).
7. Keluarkan bolu dari cetakan, biakan hingga dingin. Potong-potong memanjang.
8. Letakkan hasil potongan di loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti, bakar lagi hingga bolu benar-benar kering dengan suhu oven 150°C.

Hasil jadi ± 480 gram

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Dadar Gulung Pisang dg Sauce Kurma

Pisang selain enak dimakan langsung, akan terasa lebih nikmat jika diolah jadi jajanan Dadar Gulung Pisang dengan Sauce Kurma. Cocok untuk ta’jil buka puasa.

Bahan:
• Terigu 200 gr
• Telur 2 butir
• Air secukupnya
• Pisang raja 10 biji
• Mentega 1 sdm
• Bubuk coklat secukupnya
• Keju cedar 100 gr
• Kurma 100 gr

Cara Membuat:
1. Rebus pisang raja hingga matang
2. Campur tepung terigu, telur, air, mentega, bubuk coklat, hingga tercampur rata
3. Buat kulit dari adonan tadi, dengan pan bulat
4. ambil kulit yang sudah jadi, taruh pisang rebus dan potongan keju, lalu gulung
5. Untuk sauce:
- kurma dibuang bijinya, blender hingga halus
- panaskan dan ditambah air, aduk hingga kental, angkat.
6. Taruh adonan pisang gulung siram dengan sauce kurma.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Pia Keju Lilit

Dilihat dari penampilannya saja sudah menggiurkan. Apalagi rasanya ya, emmmm…

Bahan Kulit A:
• 250 gram Terigu Semar
• 75 gram Minyak goreng
• 75 gram Air
• 50 gram Gula halus

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan di dalam mixer kemudian aduk dengan kecepatan sedang hingga ¾ kalis.
2. Angkat; istirahatkan ± 10 menit.

Bahan Kulit B:
• 200 gram Terigu Semar
• 150 gram Minyak goreng

Cara Membuat:
Campur semua bahan hingga tercampur rata.

Bahan Isian:
• 500 gram Keju cheddar

Bahan Olesan:
• 1 butir Telur
• 1 butir Kuning telur aduk dan ± Garam saring

Cara Membuat:
Potong-potong memanjang keju cheddar seberat @ 5 gram. Sisihkan.

Penyelesaian:
1. Ambil adonan A, kemudian tipiskan dengan menggunakan rolling pin sehingga membentuk persegi panjang.
2. Ambil adonan B; tipiskan. Letakkan adonan B di atas adonan A. Kemudian lipat kedua adonan sehingga adonan B terletak di dalam adonan A. Tipiskan kembali dengan menggunakan rolling pin. Lakukan pelipatan sebanyak 3x. Istirahatkan adonan selama ± 20 menit.
3. Potong ½ adonan memanjang. Tipiskan adonan. kemudian potong-potong memanjang adonan dengan menggunakan pastry cutter (seperti membuat cheese straw).
4. Ambil satu potongan adonan kemudian ambil keju. Lilitkan adonan tadi ke bahan isian, sehingga isian benar-benar tertutup (tidak terlihat). Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
5. Letakkan lilitan tadi di loyang yang sudah diolesi dengan shortening putih. Olesi juga atasnya dengan bahan olesan.
6. Bakar di oven pada suhu 180°C selama ± 20 menit.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Bolu Karamel

Bolu Karamel

Bagi Anda yang suka kue rasa manisnya kuat, Bolu Karamel bisa jadi pilihan. Coba saja…!

Bahan:
• 300 gram Gula pasir
• 100 gram Air
• 200 gram Air
• 75 gram Margarin
• 50 gram Susu kental manis
• 6 butir Telur
• 200 gram Terigu Roda Biru
• 3 gram Baking powder
• 4 gram Baking soda
• 2 gram Vanili
• 2 gram Garam

Cara Membuat:
1. Cairkan gula pasir di atas api dengan 100 gram air sampai menjadi karamel. Matikan api, lalu masukkan 200 gram air sambil langsung diaduk rata. Biarkan dingin.
2. Kocok margarin dan susu kental manis sampai sedikit mengembang. Sisihkan.
3. Kocok telur sampai mengembang dan kaku.
4. Masukkan terigu, baking powder, baking soda, vanili, dan garam. Aduk rata.
5. Ambil sebagian adonan, lalu campur dengan kocokan margarin, aduk rata. Campurkan kembali dengan sisa adonan. Aduk rata.
6. Masukkan karamel yang sudah dingin, aduk rata.
7. Tuang adonan ke cetakan ukuran 22x10x6 cm yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung (jadi 2 loyang).
8. Bakar di oven pada suhu 200ºC selama 20 menit, lalu turunkan suhu menjadi 150ºC. Bakar lagi sampai matang (± 30 menit).

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Lumpia Jamur dan Ayam

Ingin menikmati lumpia Semarang, tidak perlu jauh-jauh ke Semarang. Bisa dicoba membuat sendiri dengan variasi yang berbeda, isi jamur dan ayam. Lebih enak!

Bahan:
• Kulit lumpia 1 bungkus
• Jamur 1 kaleng
• Dada ayam 50 gram
• Bawang bombay 1 buah
• Bawang putih 2 buah
• Penyedap masakan 1 bungkus
• Gula secukupnya
• Merica secukupnya
• Garam secukupnya
• Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:
1. Cincang daging ayam, jamur, bawang Bombay hingga halus.
2. Setelah dicincang masak dengan cara ditumis, beri bawang putih halus, garam, gula, merica, penyedap, aduk hingga matang.
3. Siapkan kulit lumpia beri 2 sendok adonan ayam tadi.
4. Gulung lumpia sampai berbentuk seperti guling.
5. Goreng ke dalam minyak dengan api sedang.
6. Angkat & tiriskan terus sajikan dengan sauce sambal botol.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Roti Telo Ungu

Penampilannya menarik. Warna-warni. Rasanya manis juga enak. Ingin mencoba, silakan!

Bahan A:
• 650 gram Ketela ungu
• 62,5 gram Gula pasir
• 12,5 gram Margarin

Cara Membuat:
1. Kukus ketela sampai lunak, kupas kulitnya kemudian haluskan.
2. Masak dengan gula pasir sampai airnya berkurang. Kemudian masukkan margarin.

Bahan B:
• 475 gram Tepung Cakra Kembar
• 25 gram Tepung Segitiga Biru
• 65 gram Gula pasir
• 7 gram Garam
• 150 gram Susu Bubuk
• 150 gram Ketela masak
• 6 gram Ragi instan
• 1,5 gram Bread improver
• 2 butir Kuning telur
• 1 butir Telur utuh
• 145 gram Air
• 40 gram Margarin

Cara Membuat:
1. Aduk bahan kering, kemudian masukkan ketela ungu masak.
2. Tambahkan telur dan air; aduk hingga menggumpal.
3. Kemudian masukkan margarin, aduk hingga kalis.
4. Angkat dan diamkan 10 menit; tutup plastik.
5. Timbang 50 gram, bulatkan. Istirahatkan 10 menit; tutup plastik.

Bahan Adonan Kulit Putih:
• 250 gram Terigu Cakra Kembar
• 25 gram Gula pasir
• 2,5 gram Garam
• 100 gram Shortening putih
• 125 gram Air panas
• 5 gram Baking powder

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata dengan kecepatan sedang.
2. Tambahkan air panas, kemudian shortening putih, aduk rata sampai adonan kalis.
3. Timbang adonan 14 gram.

Penyelesaian:
1. Pipihkan potongan adonan ungu, bulatkan, tutup dengan adonan putih, kemudian sayat atau gunting.
2. Istirahatkan selama ± 60 menit hingga adonan mengembang.
3. Bakar di oven pada suhu 180ºC selama ± 15 menit.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Strawberry Cookies

Strawberry Cookies

Selai strawberry-nya membuat mak nyus cookies ini. Ditambah wijen di topping-nya, semakin jadi gurih.

Bahan A:
• 187 gram Mentega
• 40 gram Margarin
• 90 gram Gula halus
• 1,3 gram Garam
• 2 butir Kuning telur

Bahan B:
• 300 gram Terigu Kunci Biru
• 77 gram Maizena
• 200 gram Selai strawberry

Bahan Topping:
• 100 gram Wijen

Cara Membuat:
1. Kocok semua bahan A dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
2. Masukkan campuran terigu dan maizena yang telah diayak; kocok dengan kecepatan rendah hingga rata.
3. Timbang adonan dengan berat 8 gram, bulat-bulatkan.
4. Letakkan diatas loyang yang sudah diolesi dengan shortening, tekan bagian tengahnya dengan jari.
5. Bakar di oven pada suhu 160oC hingga setengah matang. Beri selai strawberry di bagian tengahnya. Bakar lagi hingga matang.
6. Setelah matang dan dingin tekan kue kering tersebut ke atas wijen yang sudah dioven.
Hasil jadi: ± 898 gram

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Terang Bulan Pandan

Sedap rasanya, apalagi aroma rasa pandan membuat terang bulan ini semakin sedap dan enak. Tidak ada ruginya mencoba resep ini, jika Anda penggemar terang bulan.

Bahan:
• 2 butir Telur utuh
• 4 butir Kuning telur
• 900 gram Air hangat
• 700 gram Terigu Segitiga Biru
• 180 gram Gula
• 20 gram Susu bubuk
• 6 gram Garam
• 160 gram Santan
• 80 gram Salad oil
• ± 2 gram Pewarna hijau
• 20 gram Pandan pasta
• 8 gram Baking soda

Filling:
• 500 gram Selai srikaya

Cara Membuat:
1. Kocok telur sebentar lalu masukkan air hangat, aduk sampai berbuih.
2. Masukkan semua bahan kering, kocok dengan balon whisk hingga gula larut.
3. Terakhir masukkan vanilli essence, pewarna hijau, pandan pasta dan salad oil. Aduk hingga rata.
4. Tuang pada cetakan terang bulan yang telah dipanasi dan diolesi margarin.
5. Bakar sampai permukaannya berpori-pori. Taburi dengan sedikit gula pasir. Tutup cetakan dan bakar sampai matang.
6. Setelah matang, angkat dari cetakan. Olesi permukaannya dengan margarin.
7. Isi dengan selai srikaya.
8. Lipat dua menjadi setengah lingkaran. Atasnya poles lagi dengan margarin.
9. Potong-potong dan sajikan.

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Zebra Cake

Tampilannya menarik, bisa menambah selera saat menikmati kue ini. Zebra Cake, enak juga ya…!

Bahan:
• 150 gram Putih telur atau 5 butir telur
• 150 gram Kuning telur 2 butir kuning telur
• 25 gram Cake emulsifier
• ± Rum bakar
• 250 gram Gula pasir
• 20 gram Susu bubuk
• 10 gram Custard powder
• 200 gram Terigu Kunci Biru
• 75 gram Margarin
• 75 gram Minyak sayur
• ± Coklat pasta

Cara Membuat:
1. Kocok putih telur, kuning telur, cake emulsifier, rum, dan gula pasir hingga mengembang.
2. Masukkan susu bubuk, custard powder, dan terigu Kunci Biru. Aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran margarin dan minyak yang telah dicairkan; aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian beri coklat pasta.
5. Tuang kedua adonan ke dalam loyang tulban (diameter 20 cm) dengan cara diselang-seling hingga adonan habis.
6. Bakar di oven pada suhu 180oC selama 30 menit.

Resep dan Foto: BBC -Bogasari Baking Center

Aneka rasa resep masakan Indonesia


Resep Bitterballen

Dinikmati sesudah shalat tarawih enak juga Bitterballen ini. Rasa gurih perpaduan keju, telur dan bawang serta daging terasa sekali. Silakan coba sendiri.

Bahan:
• 2 siung Bawang putih, cincang halus
• ½ buah Bawang bombay, cincang halus
• 60 gram Margarin
• 75 gram Terigu Segitiga Biru
• 400 ml Susu cair
• 1 gram Pala bubuk
• 2 gram Garam
• 1 gram Merica bubuk
• 300 gram Daging sapi cincang
• 1 batang Daun bawang
• 50 gram Keju cheddar, parut
• 2 butir Telur, kocok
• ± Tepung roti
• ± Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
2. Masukkan terigu, aduk sampai rata. Masukkan susu. Aduk sampai terigu tercampur rata dengan susu.
3. Taburkan pala, garam, dan merica.
4. Masukkan daging cincang dan daun bawang. Masak sampai matang.
5. Tambahkan keju. Aduk sampai keju agak meleleh. Angkat.
6. Bentuk adonan daging bulat-bulat seperti bakso.
7. Gulingkan pada telur kocok, lalu gulingkan pada tepung roti. Gulingkan lagi pada telur, kemudian pada tepung roti.
8. Goreng hingga matang.

Add a comment December 31, 2008

Pages

Categories

Links

Meta

Calendar

August 2014
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Posts by Month

Posts by Category

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.